Monday, April 6, 2020

BAB I - TANGAN DINGIN

  • Tangan dingin, adalah satu sebutan bagi seorang dukun atau dokter yang selalu beruntung dalam mengobati sakit. Wanita bersalin beberapa hari yang tidak dapat perawatan baik di kampung di tengah-tengah sawah, dalam bahaya dengan keracunan darah. Praktek dokter di kampung dengan perkakas seada-adanya. Si Bayi dapat diselamatkan tetapi ibunya lama baru dapat disembuhkan. Dokter di rimbu harus terus-menerus via buku-buku baru menuruti kemajuan dalam ilmu kedokteran modern supaya tidak ketinggalan zaman.
  • Dokter di rimbu harus tabah, rajin penuh dedikasi. Operasi berat yang terpaksa dijalankan, karena tidak ada pilihan lain. Pasien yang disangka akan mati, membaik. Apa Tangan Dingin itu memang ada?
  • Wanita Belanda sedang hamil seratus kilometre jauh dari tempatnya minta ditolong hanya oleh Dr. Hakam karena terkenal Tangan Dingin. Kolega Belanda yang mendesak Dr. Hakam dan bukan ia tidak sanggup sendiri menolong pasien, tetapi pasien Belanda itu dan kawan-kawannya berkeras Dr. Hakam datang.
  • Perjalanan dalam gelap di atas jalan buruk dan penuh batu-batu dalam mobil tua ke Rengat. Pasien Wanita Belanda dengan susah payah melahirkan anak sehat. Pesta champagne yang tidak dihadiri oleh Dr. Hakam yang terus kembali ke tempatnya sendiri.

*****
TANGAN DINGIN

Dr. Hakam berdiri dari kursi dan memberi resep kepada pasien perempuan, yang baru saja diperiksanya.
Sebenarnya kau tak eprlu lagi mendapat obat

--- masih proses pengetikan.

No comments:

Post a Comment